MONERA: Eubacteria atau Bakteri dan Archaebacteria atau Archae

Monera atau organisme prokariota berasal dari bahasa Yunani, yang berarti tunggal. Ciri – ciri kingdom monera yaitu uniseluler atau bersel satu dan tidak memiliki membran inti atau prokariota. Kingdom monera ini terdiri dari dua, yaitu eubacteria atau bakteri dan archaebacteria atau archae. 

MONERA: Eubacteria atau Bakteri dan Archaebacteria atau Archae

Ciri – ciri bakteri atau eubacteria, yaitu inti sel bakteri tidak memiliki membran inti atau prokariotik, organisme bersel tunggal atau uniseluler, bergerak dengan flagela atau pili, ukuran sel bakteri antara 1 – 5 µm, di mana setiap 1 µm sama dengan 1/1000 mm,  hidup di berbagai lingkungan atau habitat, beberapa jenis bakteri berperan penting untuk proses penguraian zat –zat organik, dan berkembang biak secara aseksual dengan cara membelah diri. 

Struktur bakteri terdiri dari struktur bagian luar sel, struktur bagian dalam sel, flagela, dan pili atau fimbriae. Struktur bagian luar sel bakteri ini terdiri dari dinding sel, kapsul, dan membran plasma. Struktur bagian dalam sel bakteri terdiri dari DNA, mesosom, plasmid, ribosom, dan endospora. 

Baca juga: Enzim

Flagela merupakan alat gerak bakteri, berbentuk seperti rambut dan tersusun dari senyawa protein yang disebut dengan flagelin. Pili berbentuk seperti benang filamen dan hanya dimiliki oleh bakteri gram negatif. Ukuran pili pendek, lebih kecil, dan lebih banyak dari flagela. Pili berfungsi untuk gerbang masuknya bahan genetik selama berlangsungnya proses konjugasi.

Penggolongan bakteri didasarkan pada letak flagela pada sel bakteri (monotrik, lopotrik, amfitrik, dan peritrik), bentuk tubuh bakteri (vibrio atau koma, spirilum atau spiral, basil atau batang, dan kokus atau bulat), pewarnaan gram (bakteri gram positif dan bakteri gram negatif), kebutuhan oksigen (aerob obligat, bakteri anaerob fakultatif, bakteri anaerob obligat,bakteri anaerob aerotoleran, dan bakteri mikroaerofilik), pada cara hidup (autotrof dan heterotrof), dan pembagian di dalam filum atau divisi (proteobacteria, bakteri gram positif, spirochetes, chlamydias, dan cyanobacteria atau ganggang hijau – biru). 

Bakteri atau Eubacteria melakukan reproduksi dengan dua cara yaitu reproduksi aseksual dan reproduksi seksual.  Reproduksi aseksual atau tidak kawin, dengan cara membelah diri secara biner. Reproduksi seksual atau kawin, terjadi dalam tiga cara yaitu konjugasi, transformasi, dan transduksi. 

Peran menguntungkan dari Bakteri atau eubacteria dalam kehidupan manusia dibagi menjadi bakteri pengikat nitrogen pada tanaman, bakteri nitrifikasi, bakteri penghasil antibiotik, dan bakteri dalam industri makanan. 

Meskipun memiliki manfaat menguntungkan, bakteri juga memiliki manfaat yang merugikan. Ini dikarenakan menjadi penyebab penyakit pada manusia, bakteri yang menjadi penyebab penyakit pada hewan ternak, dan terakhir, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman. 

Ciri – ciri Archaebacteria atau Archae , yaitu organisme bersel satu, h sel archae belum memiliki membran inti atau prokariotik, memiliki dinding sel yang tidak mengandung peptidoglikan, meskipun demikian ribosomnya mirip dengan ribosom eukariotik, membran plasma archae mengandung lipid, idup pada kondisi lingkungan yang ekstrim, dan rata – rata archae memiliki ukuran 0, 1 µm – 15 µm.

Archaebacteria atau Archae dibagi menjadi tiga golongan, yaitu Metanobaceria, Halobacterium, dan Thermoplasma. Demikian penjelasan tentang kingdom monera. Semoga bermanfaat.

Komentar